Katalog

Cara Mengunduh Google Sheets Tanpa Microsoft Excel (Panduan Lengkap)

September 25, 2024 36 views

Logo WPS Office dan Google Sheets

Google Sheets adalah bagian dari rangkaian produk Google Workspace, yang memungkinkan Anda mengatur sejumlah besar data. Ini menonjol karena banyak alasan, terutama fitur kolaborasi dan aksesibilitasnya karena berbasis cloud. Tetapi jika suatu saat Anda perlu membagikan data pada Lembar Kerja Anda kepada seseorang yang bekerja secara offline, maka Anda perlu tahu cara mengunduh Google Sheets. Panduan lengkap ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengunduh Google Sheets tanpa Microsoft Excel.

Bisakah Saya Mengunduh Lembar Kerja Google tanpa Microsoft Excel?

Anda bisa mengunduh Lembar Kerja dari Google Sheets tanpa Microsoft Excel di perangkat Anda, dan prosesnya cukup sederhana. Orang sering berpikir mereka perlu menginstal Microsoft Excel untuk membaca file Lembar Kerja yang telah mereka unduh. Namun, jika Anda tidak memiliki Microsoft Excel dan tidak ingin mengunduhnya, cara terbaik untuk membuka dan membaca file Lembar Kerja Google adalah dengan WPS Office.

Perbedaan utama antara Microsoft Excel dan WPS Office adalah harga, fleksibilitas, dan kolaborasi. WPS Office adalah pilihan terjangkau yang memungkinkan Anda fleksibilitas untuk mengonversi Lembar Kerja antara beberapa format file tergantung pada apa yang Anda anggap cocok untuk proyek tersebut, dan juga memberi Anda lingkungan kolaborasi terbaik.

Cara Mengunduh Google Sheets Tanpa Microsoft Excel

Inti dari perangkat lunak berbasis cloud adalah untuk menjaga proyek Anda tetap online. Jadi, mengapa ada yang perlu mengunduh Lembar Kerja dari Google Sheets? Mengingat bahwa jika Anda perlu membagikan Lembar Kerja, Anda selalu dapat mengirim tautan Lembar tersebut. Atau jika Anda perlu menganalisis data pada Lembar, Anda dapat mengimpornya dari Google Drive.

Namun, ketika data berisi informasi sensitif, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunduhnya sebelum membagikannya demi privasi dan keamanan. Demikian pula, jika Anda akan pergi ke lokasi dengan sedikit atau tanpa koneksi internet, menyimpan Lembar Kerja Anda di penyimpanan lokal akan menjadi yang terbaik untuk akses mudah.

Jadi, apa pun alasan Anda ingin mengunduh Google Sheets tanpa Microsoft Excel di PC Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Bagian berikut akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengakses Lembar Kerja Anda dengan lancar, baik secara offline maupun online.

Cara Mengunduh Lembar dari Google Sheets

Jika Anda membutuhkan Google Sheet yang Anda kerjakan secara offline, daripada menyalin dan menempelkannya pada perangkat lunak pemrosesan Excel, Anda bisa dengan mudah mengunduhnya. Menyalin dan menempelkan Lembar sebelum menyimpannya adalah proses yang panjang, dan selama proses tersebut, Anda bisa kehilangan beberapa alat format yang Anda gunakan. Daripada melewati proses panjang ini, gunakan tombol unduh sebagai gantinya.

Mengunduh Lembar dari Google Sheets menawarkan beberapa keuntungan, terutama memungkinkan Anda mengunduhnya dalam berbagai format file. Anda bisa memilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda tergantung pada mengapa Anda membutuhkan Lembar Kerja secara offline.

Berikut cara mengunduh Lembar dari Google Sheets:

  1. Dari perangkat Anda, buka situs web Google Sheets https://docs.google.com/ spreadsheets dan masuk ke akun Anda jika Anda belum masuk.

  2. Klik pada Lembar Kerja yang ingin Anda unduh untuk membukanya.

  3. Pilih opsi File di bilah Menu di sisi kiri layar Anda.

  4. Arahkan kursor Anda ke opsi unduh dari opsi drop-down untuk menampilkan opsi samping.

  5. Dengan kursor, lacak dengan lembut dari opsi unduh ke opsi samping untuk memilih format file yang ingin Anda unduh.

  6. Saat Anda mengklik format file yang ingin Anda unduh, apakah itu Microsoft Excel, OpenDocument, PDF, dan sebagainya, unduhan akan dimulai.

Mengunduh Lembar dari Sheets dalam berbagai format file

Cara Membuka Google Sheet di Aplikasi Pintasan Desktop Tanpa Microsoft Excel

Misalkan Anda ingin mengunduh Lembar Kerja karena kenyamanan tidak perlu mengunduh Microsoft Excel. Maka, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat pintasan desktop. Metode ini bekerja dengan membuat bookmark dengan aplikasi browser yang Anda gunakan untuk membuka situs web. Anda bisa menerapkan metode ini pada hampir semua aplikasi browser. Tetapi untuk tutorial ini, kami akan menggunakan browser Chrome.

Berikut cara membuka Google Sheets di Aplikasi Pintasan Desktop:

1. Luncurkan Chrome di PC Anda, dan buka situs web Google Sheets.

2. Klik tombol opsi tiga titik di pojok kanan atas layar Anda.

Tombol opsi di Chrome

3. Arahkan kursor Anda ke opsi Alat Lainnya dari opsi drop-down untuk menampilkan opsi samping.

4. Dari opsi samping, klik Buat pintasan.

Menambahkan bookmark menggunakan Chrome

5. Tetapkan nama untuk pintasan, klik buka sebagai jendela, lalu klik tombol buat.

Menamai bookmark di Chrome

6. Anda bisa menutup tab Google Sheets dan kemudian pergi ke desktop di PC Anda.

7. Di desktop PC Anda, temukan pintasan Sheets dan klik dua kali untuk meluncurkannya.

Pintasan Google Sheets di Desktop


8. Situs web Google Sheets akan terbuka di jendela terpisah, dan Anda bisa melakukan apa pun yang Anda anggap cocok.

Cara Mengunduh Google Sheets di Ponsel?

Mengunduh Google Sheets tidak hanya berfungsi di PC tetapi juga di perangkat seluler. Baik menggunakan aplikasi seluler Google Sheets atau mengakses versi web Google Sheets melalui aplikasi browser di perangkat Anda, Anda masih bisa mengunduh Lembar Kerja Anda.

Mengunduh Google Sheets di perangkat seluler menggunakan versi web bekerja seperti mengunduhnya di PC. Tetapi menggunakan aplikasi seluler Google Sheets, Anda bisa mengunduh Lembar Kerja di Android dan iPhone menggunakan metode yang dijelaskan di bawah ini.

Menggunakan Android

Anda bisa mengunduh aplikasi Google Sheet dari Google Play Store jika Anda memiliki smartphone Android. Menggunakan aplikasi seluler menawarkan beberapa keuntungan, terutama saat mengunduh Sheets. Dengan aplikasi seluler, Anda bisa membuat Sheet tersedia secara offline. Opsi ini memberi Anda fleksibilitas untuk menjaga Lembar Kerja Anda dalam format yang dapat diedit.

Namun, jika Anda membuat Lembar Kerja tersedia secara offline, itu tidak akan tersedia di penyimpanan lokal perangkat Anda. Tetapi jika Anda ingin Lembar Kerja tersedia di penyimpanan lokal Anda, gunakan opsi unduh sebagai gantinya.

Berikut cara mengunduh Sheets di Android:

1. Luncurkan aplikasi Google Sheet di perangkat Android Anda.

2. Periksa apakah Lembar Kerja dalam format Excel atau Sheet (format Excel tidak memungkinkan kolaborasi, sedangkan format Sheet memungkinkan kolaborasi).

3. Jika file dalam format Sheet, buka dan klik tombol opsi tiga titik di pojok kanan atas layar Anda.

Lembar Kerja Google Sheets Android


4. Pilih opsi Bagikan & Ekspor dari opsi drop-down, lalu klik opsi Simpan Sebagai untuk memilih format file yang Anda inginkan.

Opsi untuk berbagi dan mengekspor di Google Sheets


5. Simpan file dalam Excel dan kemudian kembali ke halaman utama aplikasi Google Sheet.

6. Temukan file Excel, klik opsi tiga titik di samping namanya, dan ketuk opsi unduh.

7. Ini akan mengunduh Lembar Kerja sebagai file Excel.

Menggunakan iPhone

Demikian pula, jika Anda menggunakan perangkat iOS, Anda bisa mengunduh aplikasi seluler Google Sheet dari App Store. Dengan aplikasi seluler Google Sheet iOS, Anda bisa mengunduh Lembar Kerja ke penyimpanan lokal Anda atau membuatnya tersedia secara offline.

Perhatikan bahwa saat menggunakan aplikasi Google Sheet iOS, mengunduh Lembar Kerja dalam format Excel akan menyimpannya ke perangkat Anda dalam bentuk PDF. Sedangkan jika Anda ingin mengunduh Lembar Kerja dalam format lain, Anda harus terlebih dahulu mengonversinya ke format lain yang tersedia sebelum mengunduhnya.

Berikut cara mengunduh Google Sheets di iPhone:

1. Luncurkan aplikasi Google Sheet di iPhone Anda.

Beranda Google Sheets


2. Konfirmasi format Lembar, apakah dalam format Excel atau Sheet.

3. Jika dalam format Sheet, buka Lembar Kerja dan klik opsi di pojok kanan atas layar Anda.

Lembar Kerja Google Sheets iOS


4. Pilih opsi Bagikan & Ekspor dan klik opsi Simpan Sebagai untuk memilih format file yang ingin Anda simpan.

Menemukan opsi Bagikan & Ekspor di Google Sheets


5. Konversikan file ke Excel, misalnya, lalu pergi ke beranda Google Sheets dan temukan file yang telah dikonversi yang ingin Anda unduh.

6. Klik opsi tiga titik di samping nama dan kemudian klik opsi unduh untuk memulai unduhan.

Mengapa Menggunakan WPS Office?

Fitur dari WPS Office Suite


Jika Anda merasa mengunduh Lembar Kerja dari Google Sheets memakan waktu lama atau ingin menghindari stres tersebut, solusi alternatif adalah menggunakan WPS Office.

WPS Office adalah rangkaian kantor yang bisa Anda unduh di PC atau smartphone untuk mendapatkan fungsionalitas yang sama seperti Google Sheets dan lebih banyak lagi. Ini adalah perangkat lunak yang ideal untuk orang yang menginginkan fungsionalitas berkolaborasi dengan tim pada dokumen dan tidak perlu khawatir mengunduh dan menginstal beberapa perangkat lunak untuk membaca atau mengedit dokumen seperti Lembar Kerja.

Pengalaman kami dengan perangkat lunak ini mulus, dan di bawah ini kami menjelaskan alasan detail mengapa menggunakan WPS Office lebih baik.

  • Rangkaian Kantor All-in-one

Salah satu keuntungan menggunakan paket perangkat lunak WPS Office adalah bahwa ini adalah paket perangkat lunak serba guna. Ini berarti yang perlu kamu lakukan hanyalah mendapatkan perangkat lunaknya, yang memberi kamu akses ke alat produktivitas yang paling sering digunakan. Dengan WPS Office, kamu bisa mengakses alat Writer, Spreadsheet, Presentasi, dan alat pengeditan PDF.

  • Fungsi AI Terintegrasi

Menggunakan WPS Office juga dilengkapi dengan fungsi AI terintegrasi. Alat AI ini memberi kamu bantuan yang diperlukan saat mengerjakan proyek apapun. Baik itu mengembangkan ide desain, menyarankan ide konten, atau rumus terbaik untuk menganalisis data kamu, alat AI ini akan membantu kamu bekerja lebih efisien.

  • Toko Template Kaya

Fitur lain yang membuat paket WPS Office wajib dimiliki adalah toko templatenya yang kaya. Dengan toko template yang besar ini, kamu tidak selalu harus memulai setiap proyek dari awal. Toko template ini mencakup berbagai jenis proyek gratis dan berbayar, memastikan kamu dapat menemukan yang paling sesuai untuk proyek kamu.

  • Ringan

Baik menggunakan PC rendah atau tinggi atau smartphone, paket WPS Office sangat ringan. Oleh karena itu, ketika kamu memilih untuk menggunakan paket WPS Office, kamu tidak perlu khawatir tentang sumber daya yang tersedia di perangkat kamu. Perangkat lunak ini sekitar 200MB untuk PC dan 100MB untuk smartphone. Juga, ini bekerja pada perangkat Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS tanpa lag atau masalah kompatibilitas.

  • Fungsi Kolaboratif yang Mengesankan

Selanjutnya, paket WPS Office memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan tim secara mulus. Dengan fungsi Airpage-nya, kamu bisa mengunggah dokumen kamu secara online untuk kolaborasi multi-orang. Fungsi Airpage menawarkan antarmuka yang bersih dengan berbagi yang mulus, kemudahan operasi, dan kolaborasi waktu nyata.

FAQ tentang Mengunduh Google Shee

  • Apakah kamu bisa mengunduh Google Sheet untuk digunakan secara offline?

Kamu bisa mengunduh Google Sheet untuk digunakan secara offline. Namun, kamu harus memiliki akses offline ke Google Sheet di akun Gmail yang kamu masuki. Jika beberapa akun Gmail masuk di perangkat yang sama, kamu tidak bisa menggunakan opsi offline di semua akun. Kamu harus memilih akun yang ingin kamu gunakan untuk opsi ini atau beralih kapan saja kamu mau.

  • Bisakah saya menyimpan ke Google Drive di WPS Office?

Kamu bisa menyimpan dokumen di cloud Google Drive saat bekerja di WPS Office. WPS Office bekerja dengan berbagai layanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, WPS Cloud, dan sebagainya.

Ringkasan

Jika kamu sedang mengerjakan dokumen Google Sheet dan ingin mengunduhnya, ikuti panduan lengkap ini untuk mengetahui caranya. Namun, setelah mengunduh dokumen, kamu memerlukan Microsoft Excel untuk membaca dan membuka file tersebut. Namun, jika kamu tidak memiliki Microsoft Excel di PC kamu, alat alternatif yang bisa kamu gunakan adalah paket WPS Office. Alat ini memberi pengguna akses ke berbagai fungsionalitas, mudah diunduh, dan memungkinkan pengguna fleksibilitas untuk bekerja online untuk kolaborasi yang mulus. Juga, dengan WPS Office, kamu mendapatkan semua fungsionalitas yang sama dengan Google Sheets dan lebih banyak lagi.

Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.