Katalog

Bagaimana Cara Mengunduh Google Slides Tanpa Microsoft PowerPoint (Langkah demi Langkah)

September 29, 2024 74 views

Perbandingan Google Slides dan WPS Office

Google Slides adalah alat online yang mengesankan yang memungkinkan Anda membuat slide presentasi yang disimpan di cloud. Dengan koneksi internet dan aplikasi browser, Anda dapat mengakses file presentasi Anda di mana saja dan dengan perangkat apa pun.

Tetapi bagaimana cara mengunduh Google Slides untuk PC jika Anda perlu mengakses file ini secara offline, menyimpan salinan dalam format yang berbeda, atau berbagi mereka dengan orang lain? Artikel ini akan membagikan deskripsi langkah demi langkah yang detail tentang berbagai cara untuk mengunduh Google Slides tanpa Microsoft PowerPoint.

Dapatkah Saya Mengunduh Google Slides Tanpa Microsoft PowerPoint?

Anda dapat mengunduh Google Slides di perangkat Anda bahkan jika Anda tidak memiliki Microsoft PowerPoint. Proses pengunduhan Google Slides tidak memerlukan Anda untuk memiliki Microsoft PowerPoint di perangkat Anda. Namun, Anda akan memerlukan Microsoft PowerPoint di perangkat Anda saat Anda mengunduh Google Slides untuk membuka dan membuat penyesuaian pada slide Anda.

Jika Anda tidak berencana untuk membuat perubahan atau membuka file presentasi, Anda bisa tidak mempermasalahkan keberadaan Microsoft PowerPoint. Namun, adalah praktik yang baik untuk membuka file presentasi Anda saat Anda mengunduhnya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Ada perangkat lunak yang luar biasa lainnya yang bisa Anda andalkan untuk membuka file presentasi Anda saat Anda mengunduhnya dari Google Slides.

Perangkat lunak yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti Microsoft PowerPoint untuk membuka dan mengedit Google Slides adalah WPS Office. WPS Office adalah Paket Office ringan dengan permintaan sumber daya minimal. Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki Microsoft PowerPoint di perangkat Anda dan tidak ingin mengunduhnya, Anda dapat dengan mudah membuka dan membuat perubahan yang Anda inginkan pada Google Slides dengan WPS Office.

Bagaimana Cara Mengunduh Google Slides Tanpa Microsoft PowerPoint di PC?

Meskipun Google Slides dapat terintegrasi dengan mulus dengan aplikasi Google Workspace lainnya, seperti Google Docs dan Google Sheets, pengguna sering menghadapi tantangan saat mengunduh Google Slides tanpa Microsoft PowerPoint di PC.

Untungnya, ada banyak cara untuk mengunduh file presentasi ini dari Google Slides, bahkan ketika Anda tidak memiliki Microsoft PowerPoint di PC Anda. Jika Anda ingin mengunduh Google Slides, Anda dapat membuatnya tersedia secara offline atau mengunduh salinan lunak.

Cara tercepat untuk mengunduh file presentasi Google Slides adalah dengan membuat file tersebut tersedia secara offline. Tetapi pilihan ini hanya membuat file tersedia untuk akses offline. Ini berarti Anda tidak akan memiliki salinan lunak file presentasi di penyimpanan lokal perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda tidak dapat membuka file dengan perangkat lunak lain atau berbagi file tersebut.

Tetapi jika Anda memilih opsi unduh, file Google Slides Anda akan tersedia di penyimpanan lokal perangkat Anda. Anda dapat membuka file dengan perangkat lunak lain, seperti WPS, untuk membaca, mengedit, dan berbagi salinan yang diunduh. Jadi, ikuti kami di bagian ini saat kami membagikan langkah-langkah rinci tentang berbagai cara mengunduh Google Slides.

Bagaimana Cara Mengunduh Slide dari Google Slide?

Membuat file presentasi dengan Google Slides memberi Anda akses ke beberapa elemen yang dapat Anda masukkan dalam Slide. Anda dapat menambahkan elemen ke slide Anda, seperti efek slide, memasukkan audio, menganimasikan objek dalam Slide, dan lainnya. Jadi, ketika Anda ingin mengunduh file presentasi dari Google Slides, penting untuk memperhatikan berbagai elemen di Slide tersebut.

Format yang Anda pilih untuk mengunduh file Google Slides akan menentukan elemen yang Anda unduh bersamanya. Misalnya, ketika Anda mengunduh Google Slide dalam format PPT, itu dapat diedit dan memberi Anda akses ke audio, efek, dan beberapa elemen lainnya di Slide. Tetapi jika Anda memilih untuk mengunduhnya sebagai file PDF, itu akan mempertahankan format slide, tetapi tidak dapat diedit. Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan bagaimana mengunduh Slide dari Google Slides.

Langkah 1: Unduh WPS Office

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah detail, Anda harus terlebih dahulu mengunduh WPS Office. Buka aplikasi browser di PC Anda dan kunjungi situs web resmi WPS. Temukan versi WPS yang tepat untuk mesin Anda dan klik tautan unduhan untuk memulai pengunduhan.

Ketika pengunduhan selesai, jalankan perangkat lunak dan ikuti proses instalasi. Mengunduh WPS Office adalah langkah penting untuk menutupi format Google Slides yang Anda unduh. Jadi, ketika Anda tidak memiliki Microsoft PowerPoint di PC Anda, Anda dapat dengan mudah menggunakan WPS Office untuk membuka dan mengedit dokumen ini.

Mengunduh file setup WPS

Langkah 2: Buka situs web Google Slides

Setelah berhasil menginstal WPS Office di PC Anda, kembali ke browser web di perangkat Anda. Ketik alamat www.docs.google.com/presentation di bilah alamat situs web browser untuk membuka situs web Google Slides. Ketika halaman web dimuat, masuk ke akun Gmail Anda jika Anda belum masuk.

Beranda Google Slides

Langkah 3: Buka file presentasi yang ingin Anda unduh

Temukan file presentasi yang ingin Anda unduh dari beranda Google Slides. Anda dapat menemukan file tersebut dengan menggulir melalui slide yang telah Anda buat di beranda. Atau Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas beranda dengan mengetik nama file yang ingin Anda unduh untuk menemukannya dengan cepat. Ketika Anda menemukan file yang ingin Anda unduh, klik untuk membukanya.

File presentasi di Google Slides

Langkah 4: Gunakan toolbar untuk mengunduh file presentasi

Di bagian kiri atas layar Anda, pada toolbar, Anda akan menemukan opsi File. Pindahkan kursor Anda ke opsi itu dan klik untuk menampilkan opsi drop-down. Dari daftar opsi yang sekarang tersedia, arahkan kursor Anda ke opsi unduh untuk menampilkan opsi samping dari berbagai format di mana Anda dapat mengunduh file presentasi. Pilih format file yang sesuai dengan alasan Anda ingin mengunduh file tersebut, dan setelah beberapa detik, pengunduhan akan dimulai. Anda akan menemukan file presentasi di folder unduhan PC Anda ketika pengunduhan selesai.

Opsi format unduhan di Google Slides


Bagaimana Cara Membuka Google Slide di Aplikasi Shortcut Desktop Tanpa Microsoft PowerPoint?

Sekarang bahwa Anda tahu cara mengunduh file presentasi dari Google Slides, apa selanjutnya? Langkah-langkah di atas terlihat agak panjang, tetapi kami dapat mengoptimalkan beberapa langkah untuk membuatnya lebih langsung setiap kali Anda perlu menggunakan Google Slides atau mengunduh slide.

Membuat aplikasi shortcut desktop untuk Google Slides akan menghilangkan kebutuhan untuk meluncurkan aplikasi browser untuk memasukkan alamat web setiap kali kita perlu menggunakan Google Slides. Bagaimana cara membuat shortcut desktop Google Slides? Langkah-langkah di bawah ini memecah langkah-langkah menjadi proses yang mudah dipahami.

Langkah 1: Mulai aplikasi browser Chrome

Mulailah dengan meluncurkan aplikasi Chrome di PC Anda. Chrome adalah aplikasi browser web yang serbaguna yang berfungsi di PC Windows dan MacBook. Jika Anda belum memiliki browser Chrome, Anda dapat mengunduhnya dengan cepat dari situs web Chrome dan menyelesaikan proses instalasi dalam beberapa menit.

Langkah 2: Buka folder Aplikasi Google Chrome

Saat aplikasi Chrome diluncurkan, klik pada bilah alamat situs web, masukkan alamat chrome://apps, dan tekan tombol enter. Alamat web ini akan membawa Anda ke perpustakaan aplikasi Google, di mana Anda dapat mengakses aplikasi Google seperti YouTube, Docs, Sheets, Slides, Google Drive, dll.

Situs web aplikasi Chrome

Langkah 3: Buat shortcut aplikasi Google Slides

Ketika perpustakaan aplikasi Google Chrome terbuka, cari aplikasi Google Slides dan klik kanan padanya. Dari opsi dropdown, Anda akan melihat opsi Buat Pintasan; klik di sana, pastikan Anda centang kotak untuk Desktop dan Menu Mulai. Klik tombol Buat untuk menyelesaikan proses.

Membuat pintasan aplikasi Chrome dengan Google Slides


Langkah 4: Memasang Slides ke taskbar

Setelah Anda membuat pintasan, itu akan muncul di desktop PC Anda. Namun, untuk membuat aplikasi Slides lebih mudah diakses, Anda dapat memasangnya ke taskbar PC Anda. Untuk melakukannya, klik tombol start dan ketik Slides. Dari opsi yang ditampilkan, klik kanan pada aplikasi Slides dan pilih opsi pin ke taskbar.

Memasang Slides ke taskbar

Langkah 5: Membuka aplikasi pintasan Google Slides

Sekarang Anda memiliki aplikasi Google Slides di desktop Anda, klik dua kali untuk membukanya. Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan proses panjang membuka aplikasi browser terlebih dahulu. Ketika Anda mengklik aplikasi Slides, itu akan membuka halaman web di browser Anda, yang langsung membawa Anda ke beranda Slides.

Cara Mengunduh Slide Google di Google Drive?

Cara lain untuk mengunduh Google Slides adalah melakukannya dari Google Drive. Google Drive adalah platform penyimpanan cloud yang terhubung dengan Google Slides. Jadi, Anda bisa menyimpan file presentasi ke Google Drive dan mengunduhnya langsung dari Drive.

Mengunduh slide dari Google Drive cukup mudah. Perhatikan bahwa berbeda dengan saat Anda mengunduh file presentasi dari Google Slides, dengan Google Drive, file presentasi tersedia dalam format di mana mereka disimpan. Jadi, Anda tidak dapat dengan mudah beralih atau memilih jenis file dari Google Drive, tetapi Anda dapat mengonversi antara berbagai format file saat Anda menggunakan WPS Office. Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara mengunduh satu atau beberapa file Slide Google dari Google Drive.

Langkah 1: Buka situs web Google Drive

Pertama, buka browser web perangkat Anda dan kunjungi situs web Google Drive. Pastikan PC Anda terhubung ke internet dan masukkan situs web www.drive.google.com di bilah alamat browser. Saat halaman dimuat, masuk ke akun Anda jika Anda belum masuk.

Beranda Google Drive

Langkah 2: Cari Slide yang ingin Anda unduh

Temukan file yang ingin Anda unduh dari beranda situs web Google Drive. Akan ada banyak jenis file di Google Drive jika Anda sering menggunakan Google Drive. Pilihan terbaik adalah menggunakan tombol pencarian. Ketika Anda mengklik bilah pencarian di bagian atas Drive, Anda dapat menyaring file Anda berdasarkan jenis file, seperti presentasi, atau mencari nama file yang ingin Anda unduh.

Menggunakan bilah pencarian di Google Drive

Langkah 3: Pilih satu atau beberapa file

Saat Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda unduh, klik untuk memilihnya. Alternatifnya, Anda bisa menahan tombol kontrol untuk memilih beberapa file untuk diunduh lebih dari satu file presentasi. Perhatikan bahwa saat mengunduh beberapa file presentasi, Google Drive akan mengompresinya ke dalam folder zip.

Memilih beberapa file di Google Slides

Langkah 4: Klik ikon unduh

Setelah memilih file yang ingin Anda unduh, Anda akan melihat ikon unduh di bagian atas halaman. Proses akan dimulai dalam beberapa detik saat Anda mengklik ikon unduh.

Cara Menghubungkan Google Drive ke WPS Office?

Jika Anda memiliki file di Google Drive, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dengan WPS Office. Untuk melakukannya, cukup hubungkan Drive ke WPS Office daripada mengunduh file dari Drive dan membukanya di WPS. Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara menghubungkan Google Drive ke WPS Office.

Langkah 1: Mulai WPS Office

Mulailah dengan meluncurkan WPS Office di perangkat Anda. Jika Anda masih belum memiliki WPS Office di perangkat Anda, luangkan beberapa menit untuk mengunduhnya dari situs web resminya. WPS Office adalah perangkat lunak ringan, sehingga tidak akan banyak menghabiskan ruang penyimpanan Anda atau memerlukan banyak sumber daya dari perangkat Anda.

Langkah 2: Klik buka file baru

Setelah meluncurkan WPS Office, klik opsi buka file baru dari beranda. Idealnya, opsi ini memungkinkan Anda membaca jenis file seperti dokumen Word, spreadsheet, presentasi, atau PDF. Tapi dalam kasus ini, kita tidak membuat dokumen tetapi menggunakan opsi Buka dari Cloud.

Opsi file di WPS Office

Langkah 3: Masuk ke akun Google Drive Anda

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih cloud mana yang ingin Anda dapatkan file dari. Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan cloud yang berbeda ke dalam WPS Office. Jadi, dalam hal ini, klik ikon Google untuk masuk ke akun Google Drive Anda. Anda akan diminta untuk menyediakan alamat Gmail dan kata sandi untuk masuk ke akun.

Masuk ke Google Drive di WPS Office

Langkah 4: Pilih dokumen yang ingin Anda buka

Setelah proses login diotorisasi, akun Google Drive Anda akan terintegrasi sepenuhnya ke dalam WPS Office di perangkat Anda. Anda dapat menemukan file presentasi yang ingin Anda buka dari akun Google Drive Anda pada tahap ini. Ketika Anda mengklik file apa pun dari Google Drive, itu akan dimuat di WPS Office, dan Anda dapat membuat perubahan apa pun pada file dan menyimpannya ke penyimpanan lokal.

Memilih jenis file dari Google Drive di WPS Office

Mengapa Menggunakan WPS Office?

Fitur-fitur WPS Office

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa WPS Office sangat direkomendasikan. Selain desainnya yang modern dan elegan, perangkat lunak ini sangat kuat.

Ketika berbicara tentang tugas-tugas kantor sehari-hari seperti menulis memo, menganalisis data, atau membuat file presentasi, WPS Office siap membantu Anda. Ini memiliki beberapa fungsi lain yang memastikan Anda dapat menyelesaikan tugas dengan cara yang paling mudah. Di bawah ini, kami highlight beberapa fitur yang membuat memiliki WPS Office menarik.

  • Terjangkau

WPS Office adalah salah satu yang paling terjangkau dibandingkan dengan beberapa suite kantor lainnya. Mengunduh WPS Office gratis, dan Anda tidak akan dikenakan biaya untuk menginstal perangkat lunak ini di perangkat Anda. Selain itu, Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur dasarnya secara gratis. Tapi untuk mengakses beberapa fitur canggih di aplikasi, Anda perlu berlangganan paket langganan pro atau enterprise.

  • Suite kantor all-in-one

Alasan lain untuk menggunakan suite WPS Office adalah karena ini adalah perangkat lunak all-in-one. Perangkat lunak memberi Anda akses ke beberapa alat produktivitas yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Misalnya, ada penulis, spreadsheet, presentasi, PDF, dan alat-alat aktivitas harian lainnya.

  • Ringan

Meskipun akses fungsionalitas yang diberikan oleh WPS Office sangat besar, itu adalah suite kantor yang sangat ringan. Bekerja pada perangkat Anda hanya membutuhkan beberapa ratus megabita dari total ruang penyimpanan Anda. Selain itu, desainnya memungkinkan untuk membuka berbagai jenis file secara bersamaan.

  • Perpustakaan template kaya

Selain itu, WPS Office membuat mudah membuat berbagai jenis file. Perpustakaan template kaya mempercepat file apa pun yang Anda coba buat. Baik itu faktur yang ingin Anda kirimkan ke klien, proposal, atau surat, ada beberapa template yang bisa Anda pilih untuk hanya melakukan beberapa perubahan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  • Pertolongan terintegrasi AI

Selain itu, dengan bantuan integrasi kecerdasan buatan (AI) dari WPS, Anda tidak akan pernah terjebak saat mengerjakan sebuah proyek. Bantuan AI membantu Anda dengan inspirasi dan ide-ide untuk menyelesaikan proyek Anda dengan cara terbaik dan paling singkat.

Pertanyaan Umum tentang Unduh Google Slides

Apakah Google Slides masih gratis?

Google Slides adalah editor presentasi online yang 100% gratis yang tersedia untuk semua orang. Anda dapat mengakses Google Slides untuk membuat file presentasi jika Anda memiliki akun Google.

Mengapa saya tidak bisa mengunduh Google Slides?

Beberapa alasan dapat menjadi penyebab Anda tidak dapat mengunduh dari Google Slides. Namun, alasan paling umum mengapa Anda mungkin tidak bisa mengunduh dari Google Slides bisa jadi karena pengaturan privasi dan keamanan aplikasi browser Anda berubah. Tidak memiliki cukup ruang penyimpanan di Drive atau koneksi internet yang buruk juga bisa mencegah unduhan Anda.

Ringkasan

Mengunduh file presentasi dari Google Slides sangat mudah. Perhatikan bahwa ada berbagai cara untuk mengunduh slide dari Google Slides. Seperti yang terlihat dari panduan ini, Anda bahkan dapat mengunduh slide dari Google Drive.

Alternatifnya, Anda dapat mengakses aplikasi Slides dengan smartphone Anda dan mengunduh slide dalam format file apa pun yang Anda anggap sesuai. Ingat, saat Anda mengunduh slide apa pun, pastikan Anda memiliki paket aplikasi WPS Office di perangkat Anda untuk membuka dan mengedit slide dengan mudah jika diperlukan.

Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.