Katalog

Cara Mengunduh Google Docs tanpa Microsoft Word (Panduan Langkah demi Langkah)

September 27, 2024 37 views

Perbandingan WPS Office dan Google Docs


Salah satu keuntungan Google Docs adalah Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun di PC Anda untuk mengaksesnya. Namun, Anda memerlukan Microsoft Word di PC Anda untuk membaca dan mengedit dokumen Word jika Anda mengunduh dokumen dari Google Docs. Jadi, bagaimana cara mengunduh Google Docs tanpa perangkat lunak Microsoft Word di PC Anda? Artikel ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menunjukkan kepada Anda cara mengunduh Google Docs tanpa Microsoft Word.

Bisakah saya mengunduh Google Docs tanpa Microsoft Word?

Anda dapat mengunduh Google Docs di perangkat Anda tanpa memiliki Microsoft Word di PC Anda. Tantangannya, bagaimanapun, adalah Anda tidak akan dapat membuka dan membuat perubahan tertentu pada dokumen setelah mengunduh file. Microsoft Word adalah editor kata populer yang banyak digunakan orang untuk membuat dan mengedit dokumen Word.

Namun, Microsoft Word bukan satu-satunya pengolah kata di pasar. Alternatif yang menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan Microsoft Word adalah WPS Office. Dengan suite WPS Office, Anda dapat membuka Google Docs setelah mengunduhnya dan membuat perubahan apa pun seperti jika Anda bekerja langsung di Google Docs. WPS Office juga memberikan fitur kolaborasi yang mengesankan seperti Google Docs dan masih banyak lagi.

Cara Mengunduh Google Docs Tanpa Microsoft Word di PC?

Anda dapat mengunduh Google Docs tanpa Microsoft Word di PC Anda dengan berbagai cara. Metode yang akan Anda temukan mudah digunakan bervariasi tergantung pada Anda. Juga, metode Anda tergantung pada apa yang ingin Anda gunakan file yang diunduh.

Penting untuk memahami perbedaan antara berbagai opsi unduhan. Ini karena ketika mengunduh dokumen dari Google Docs, Anda dapat memiliki opsi untuk memilih jenis file yang Anda inginkan untuk mengunduh dokumen tersebut.

Jadi, di bagian berikut, kami akan memandu Anda melalui berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh dokumen dari Google Docs dan perbedaan antara setiap metode.

Cara Mengunduh Dokumen dari Google Docs?

Dimungkinkan untuk membuat dokumen Google Docs tersedia secara offline dengan mengunduhnya. Setelah mengunduhnya, Anda dapat mengedit atau membagikan dokumen sesuai dengan apa yang Anda anggap ideal.

Perhatikan bahwa Anda tidak akan menemukan tombol unduh di beranda saat menggunakan Google Docs. Dengan demikian, banyak orang sering berpikir itu tidak mungkin atau tidak tahu cara mengunduh dokumen saat menggunakan Google Docs.

Tapi mudah untuk mengunduh dokumen dari Google Docs setelah Anda tahu langkah-langkahnya. Bagian ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengunduh dokumen dari Google Docs menggunakan PC.

Langkah 1: Unduh WPS Office

Untuk mengunduh dokumen Google Docs, buka browser web yang Anda pilih. Setelah itu, pergi ke situs web resmi WPS dan navigasikan ke bagian unduhan. Unduh WPS Office dan instal saat unduhan selesai. Penting untuk mengunduh WPS Office untuk menyelesaikan langkah-langkah berikutnya. Dengan WPS Office, Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki Microsoft Office di PC Anda.

Halaman unduhan WPS


Langkah 2: Pergi ke situs web Google Docs

Di aplikasi browser di PC Anda, buka situs web Google Docs. Anda memerlukan akun Gmail untuk mengakses editor kata Google Docs. Masuk ke akun Gmail Anda jika Anda sudah memilikinya atau buat satu, lalu kembali ke situs web dan masuk.

Situs web Google Docs


Langkah 3: Buka dokumen yang ingin Anda unduh

Anda akan menemukan semua dokumen Google Docs Anda di beranda saat Anda masuk ke akun Anda. Temukan dokumen yang ingin Anda unduh dan klik untuk membukanya.

Editor kata Google Docs


Langkah 4: Gunakan toolbar untuk mengunduh file

Setelah dokumen dimuat, klik opsi File di toolbar di bagian atas halaman. Mengklik opsi File akan menampilkan opsi drop-down dengan berbagai opsi. Arahkan kursor ke opsi Unduh untuk menampilkan opsi sisi lainnya. Opsi unduh sampingan memungkinkan Anda memilih jenis file yang ingin Anda unduh dokumen tersebut. Klik pada jenis file, apakah Dokumen Word, Format OpenDocument, atau Format Teks Kaya, di antara lainnya.

Format unduhan di Google Docs


Bagaimana Anda Membuka Google Docs di Aplikasi Pintasan Desktop tanpa Microsoft Word?

Google Docs tidak memiliki perangkat lunak yang dapat Anda unduh untuk PC. Oleh karena itu, untuk kenyamanan Anda, jika Anda tidak menyukai kerepotan meluncurkan aplikasi browser web sebelum Anda dapat mengakses dokumen Google Docs Anda, maka Anda harus mempertimbangkan menambahkan pintasan desktop.

Aplikasi pintasan memberi Anda akses ke dokumen Google Docs apa pun, asalkan Anda terhubung ke internet. Saat Anda menggunakan opsi pintasan Google Docs, ini meluncurkan tautan Google Docs langsung di browser web. Prosesnya sederhana dan tidak terlalu panjang.

Langkah 1: Luncurkan aplikasi browser Chrome

Untuk mulai menggunakan Google Docs, luncurkan browser Chrome di PC Anda. Tergantung pada fungsionalitas yang ditawarkan, Anda dapat menggunakan aplikasi browser lain di perangkat Anda. Apakah Anda menggunakan PC Windows atau Mac, Chrome adalah browser serbaguna yang bekerja dengan mulus.

Langkah 2: Pergi ke folder Google Apps Chrome

Saat Anda meluncurkan aplikasi browser Chrome di perangkat Anda, klik bagian tempat Anda memasukkan alamat situs web. Ketik chrome://apps dan tekan tombol enter. Situs web ini membawa Anda ke perpustakaan aplikasi Google seperti YouTube, Gmail, Google Drive, Docs, dll.

Aplikasi Chrome


Langkah 3: Buat pintasan Google Docs

Untuk membuat aplikasi pintasan Google Docs, klik kanan pada aplikasi Google Docs dan klik opsi Buat pintasan. Sebuah prompt akan muncul untuk memastikan Anda mencentang kotak untuk desktop dan menu mulai, lalu klik tombol buat. Aplikasi pintasan Google Docs akan ada di desktop PC Anda saat Anda melakukannya.

Membuat pintasan aplikasi Chrome


Langkah 4: Sematkan pintasan ke taskbar

Untuk membuat membuka pintasan Google Docs bahkan lebih menarik, buka menu mulai perangkat Anda jika Anda menggunakan PC Windows dan cari kata kunci Google Docs. Ketika pintasan Google Docs yang baru saja Anda tambahkan muncul, klik kanan padanya dan pilih opsi sematkan ke taskbar. Opsi ini akan menambahkan aplikasi Google Docs ke taskbar PC Anda.

Menyematkan aplikasi ke taskbar


Langkah 5: Buka aplikasi pintasan Google Docs

Saat Anda mengklik aplikasi pintasan Google Docs, baik di desktop atau taskbar, itu akan mengarahkan Anda ke browser yang memuat Google Docs. Pastikan Anda memiliki aplikasi browser default yang disetel di PC Anda agar metode ini berfungsi dengan lancar.

Cara Mengunduh Google Docs di Google Drive?

Anda dapat menyimpan file Anda di Google Drive saat bekerja di Google Docs. Jika Anda menyimpan dokumen Word Anda di Google Drive, Anda dapat mengunduh file langsung dari sana. Tapi bagaimana cara mengunduh dari Google Drive?

Di bagian ini, kami akan memberi tahu Anda tentang proses mengunduh dari Google Drive. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memilih beberapa dokumen Word dari Google Drive menggunakan PC untuk mengunduhnya. Saat Anda mengunduh menggunakan metode ini, file akan disimpan dalam format Microsoft Word (.docx).

Langkah 1: Navigasikan ke situs web Google Drive

Luncurkan aplikasi browser web apa pun di PC Anda, tetapi lebih disukai gunakan Chrome. Di aplikasi browser Anda, buka www.drive.google.com, yang akan memuat situs web Google Drive.

Anda harus masuk ke akun Anda jika Anda menggunakan aplikasi browser web lainnya. Jika Anda menggunakan Chrome, itu akan masuk ke akun yang terhubung dengan browser Chrome. Jika Anda ingin mengunduh file dari akun Google yang berbeda, maka keluar dari yang ada di PC Anda dan masuk ke yang memiliki file tersebut.

Beranda Google Drive


Langkah 2: Temukan file yang ingin Anda unduh

Di situs Drive, gulir ke bawah untuk menemukan file yang ingin Anda unduh. Anda dapat menggunakan ikon pencarian di bagian atas situs web jika Anda memiliki begitu banyak file. Masukkan kata kunci dalam file atau nama file lengkap untuk menemukannya dengan cepat. Saat Anda menemukan file yang ingin Anda unduh, ketuk untuk memilihnya.

Bilah pencarian Google Drive


Langkah 3: Pilih beberapa file

Selain itu, Anda dapat mengunduh beberapa file Word sekaligus dari Google Drive. Untuk mengunduh beberapa file, tahan tombol kontrol dan klik semua file yang ingin Anda unduh.

Memilih beberapa file di Google Drive


Step 4: Unduh file

Saat Anda selesai memilih file yang ingin Anda unduh, klik ikon unduh di bagian atas layar.

Perhatikan bahwa jika Anda ingin mengunduh beberapa file, mereka akan dikompresi menjadi folder zip. Jika Anda mengunduh satu file, file tersebut akan diunduh dalam format apa pun yang Anda simpan dokumen tersebut.

Cara Menghubungkan Google Drive ke WPS Office?

Menghubungkan Google Drive ke WPS cukup mudah. Dengan menghubungkan dua platform ini, kamu dapat meningkatkan produktivitas melalui akses mudah, berbagi dan kolaborasi, serta pencadangan yang mudah, di antara hal-hal lainnya. Pelajari cara menghubungkan Google Drive ke WPS Office di bagian bawah ini.

Langkah 1: Buka WPS Office

Pertama-tama, buka WPS Office di perangkatmu. Jika kamu belum mendownloadnya, segera lakukan dari situs resmi WPS atau toko aplikasi perangkatmu. Setelah selesai mendownload, instal semua perangkat lunaknya lalu buka aplikasi tersebut.

Langkah 2: Buat file baru

Di halaman beranda, klik opsi File di pojok kiri atas layar. Di halaman berikutnya, klik buka, dan saat layar pop-up meminta kamu memilih tempat untuk membuka file, pilih ikon Google Drive.

Opsi File di WPS Office


Langkah 3: Masuk ke akun Google Drive

Kamu akan diminta untuk masuk ke akun Google Drive untuk menyelesaikan proses ini. Masuk ke akun Google Drive cukup mudah; kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan kata sandi.

Masuk ke Google Drive di WPS Office


Langkah 4: Edit, unduh, dan simpan dokumen ke drive

Setelah berhasil masuk ke akun Google Drive, akses file-filemu di dalamnya. Kamu bisa melihat, mengedit, dan mengunggah dokumen ke drive melalui WPS Office.

Memilih jenis file dari Google Drive di WPS Office


Mengapa Menggunakan WPS Office?

Fitur-fitur WPS Office


WPS Office adalah paket kantor yang mengesankan dan ideal untuk penggunaan pribadi dan bisnis sehari-hari. WPS Office memiliki banyak fitur yang membuat kamu tidak perlu mendownload Microsoft Word. Selain itu, WPS Office jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Microsoft Word.

Jika kamu bertanya-tanya mengapa seseorang akan menggunakan WPS Office, berikut adalah beberapa fitur unggulan yang menjelaskan alasannya.

  • Paket kantor produktivitas yang komprehensif

WPS Office suite adalah aplikasi tunggal. Namun, dengan perangkat lunak ini, kamu memiliki salah satu paket kantor produktivitas paling komprehensif. Dengan WPS Office, kamu dapat mengakses penulis, presentasi, spreadsheet, dan alat PDF. Ini juga menawarkan akses ke lebih banyak alat seperti pemindai OCR, perbaikan file, konverter file, dll.

  • Fungsi AI terintegrasi

Fitur menarik lainnya yang membuat penggunaan WPS Office sangat berharga adalah fungsionalitas AI terintegrasinya. AI terintegrasi WPS membantu saat bekerja pada dokumen. Baik saat menulis, mendesain presentasi, atau menganalisis data, AI WPS siap membantumu.

  • Kinerja yang stabil

Selain itu, WPS se-stabil yang kamu harapkan dari perangkat lunak apa pun. Meskipun memiliki banyak fungsi dari paket Office, ini adalah perangkat lunak yang ringan. WPS kompatibel dengan banyak sistem operasi seperti Android, iOS, Windows, atau Linux.

  • Toko template yang mengesankan

Kamu tidak perlu memulai setiap proyek dari awal menggunakan WPS Office. Toko template yang mengesankan memungkinkan kamu menemukan template yang paling sesuai dengan proyekmu. Template tersebut bervariasi karena WPS Office menawarkan template gratis dan berbayar.

  • Fitur kolaborasi waktu nyata

Selain itu, WPS Office memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi secara waktu nyata melalui Airpage dan kolaborasi cloud. Dengan opsi kolaborasi ini, kamu bisa meningkatkan produktivitasmu secara besar-besaran, di antara hal-hal lainnya.

FAQ tentang Download Google Sheet

Bisakah kamu mendownload Google Docs untuk penggunaan offline?

Kamu bisa mendownload Google Docs untuk penggunaan offline. Kamu juga bisa memilih apakah ingin mendownload file dengan opsi di dalam aplikasi untuk membuatnya tersedia offline atau mendownloadnya agar tersedia secara lokal di perangkatmu.

Bisakah saya menyimpannya ke File Google Drive di WPS Office?

Kamu bisa menyimpan format file apa pun ke Google Drive saat bekerja di WPS. Namun, pastikan kamu terhubung ke internet agar file dapat diunggah dengan sukses. Ini adalah fitur yang tidak bisa dilakukan dengan sempurna oleh paket kantor lain, seperti WPS.

Ringkasan

Untuk merangkum semuanya sejauh ini, kamu bisa mendownload Google Docs tanpa Microsoft Word di perangkatmu. Microsoft Word hanyalah perangkat lunak, dan itu tidak mempengaruhi apakah kamu bisa mendownloadnya dari Google Docs atau tidak. Namun, setelah mendownload file dari Google Docs, kamu akan membutuhkan perangkat lunak untuk membuka, mengedit, dan memformat dokumen Word. Pada titik ini, memiliki WPS Office suite sangat masuk akal. Jadi, jika kamu belum memiliki WPS Office suite, segera download dan instal hari ini.

Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.